Cara kerja Jaringan


Cara kerja jaringan
Image result for jaringan
Jaringan merupakan sambungan yang terhubung pada komputer/hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

Cara kerja jaringan : sender mengirim sinyal informasi menuju receiver melalui protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua di decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver.
Alat2 jaringan dan fungsi
1.Router
router merupakan alat untuk mengatur jaringan computer, fungsinya menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga data dapat dikirim dari satu jaringan ke jaringan yang lain.





2.Kabel jaringan

 fungsi kabel jaringan adalah menghubungkan duamkomputer atau lebih yang saling bertukar data










3.Modem

fungsi modem adalah mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya.

Jaringan secara geogreafis [Lan,Man,Wan}
LAN
Lan merupakan yang memiliki ruangan yang cukup kecil , Lan mempunyai keterbatasan  ukuran, ukuran lan sekitar   (10m – 1 km).Lan mempunyai kecepatan sampai ratusan Mbps.lan ini menggunakan media kabel, lan ini biasanya untuk di gunakan dalem sekolah ,gedung,rumah DLL.

MAN
Man pada dasarnya merupakan versi Lan yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan Lan.  Man dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. Man ini bias sampe jarak (100 – 1000 km),kira kira 1 kota

WAN 
wan merupakan jenis area yang lebih luas , seringkali mencakup sebuah negara atau benua.

Komentar