Penjelasan LISENSI,PACKAGE,IDENTITY


LISENSI, PACKAGE, IDENTITY
Image result for lisensi package identity
·    

  •         LISENSI


Lisensi secara umum dapat diartikan pemberian izin, hal ini termasuk dalam sebuah perjanjian. Definisi
lain, pemberian izin dari pemilik barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau jasa[1] yang dilisensikan.


Contoh=

lisensi tersebut terdapat level yang berbeda-beda di mulai dari level 0 sampai dengan level 6 perbedaan masing-masing level terletak pada fitur-fitur dan kemampuan dalam menampung berapa banyak user dalam satu routerOS semakin tinggi level tentu akan semakin banyak juga jumlah user yang dapat di tampung ada routerOS tersebut perbedaan level ini juga yang mendasari terjadinya perbedaan harga pada routerOS untuk lebih detail mengenai perbedaan masing-masing level dan harga dari masing-masing level tersebut…


  • ·         PACKAGE
Package adalah sarana atau cara pengelompokan dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi satu unit tunggal dalam library. Package pada mikrotik terbagimenjadi 2 jenis yakni:
1. MainPackage Adalah package tunggal dengan ekstensi file .npk dimana semua fitur-fitur standar yang di butuhkan oleh routerOS terdapat pada package ini seperti (dhcp, hotspot, ppp, wireless dll)
2.Extra Package Adalah package yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan MainPackage jika pada Main Package ekstensifilenya adalah .npk namun pada Extra Package memiliki ekstensifile .zip untuk menggunakan extra package ini anda harus mengekstraknya terlebih dahulu karna di dalam file .zip ini juga terdapat beberapa file .npk yang sudah di pisah-pisahkan sesuai dengan package masing-masing, bisa di katakan extra package ini adalah pecahan dari main package namun dengan beberapa package tambahan yang lebih lengkap dari main package.





  • ·        Identity
Identity adalah salah satu fitur mikrotik yang dapat memudahkan para admin jaringan untuk memberikan identitas pada setiap masing-masing router dalam sebuah jaringan. cara meubah identity pada mikrotik adalah dengan memilih menu system>identity>isi kolom identity>klik OK.







  • ·        Upgrade
Untuk melakukan upgrade pada mikrotik dapat dilihat pada langkah-langkah di bawah ini: Klik menu Files>Klik Menu Files>Klik menu Upload >Pilih file routeros-smips-6.40.5.npk > Open
Untuk mendapatkan file
routeros-smips-6.40.5.npk anda dapat mendownloadnya secara gratis pada situs resminya di http://www.mikrotik.com

Klik menu System > Reboot







  • ·        Downgrade

Untuk melakukan downgrade pada mikrotikdapat di lihat pada langkah-langkah di bawah ini: >Klik menu Files > Klik menu Upload >  Pilih file routeros-smips-6.38.7.npk > Open

Setelah file.npk terupload selanjutnya > Klik menu System > Packages

> Klik menu Downgrade > Yes


sekian...


Komentar