Access list AP Mikrotik ( MAC Address Filtering )


Topologi

 Access list merupakan filter autentikasi sebuah AP (mode Access Point) terhadap client yang terkoneksi. Dengan Access List AP bisa menyaring perangkat mana saja yang boleh/bisa konek ke AP berdasarkan MAC address nya. Jadi Access list digunakan di AP untuk menentukan client mana saja yang boleh konek ke AP.

lalu ikuti langkah dibawah ini=
1.
pilih wireles>apply>OK
1.Default authenticate =ketika ada client wireless yang hendak terkoneksi, router tidak akan langsung mengijinkan client tadi interkoneksi, namun router akan melihat kedalam tabel access-list untuk mengecek apakah ada kebijakan yang diterapkan untuk client.
2.Default forward=untuk menentukan kebijakan apakah antar client wireless akan diijinkan untuk saling interkoneksi atau tidak. Terkadang untuk alasan security admin perlu mematikan opsi default-foward. Misal untuk menangkal NetCut, netcut berkerja dengan menyerang perangkat client lain yang sudah terkoneksi, dengan mematikan opsi default-foward, netcut tidak akan bisa menyerang client lain yang masih dalam 1 AP.
3.Hide SSID= untuk menghilangkan nama wifi.
2.
lalu pilih mac addres yang ingin di daftarkan ke AP , misalkan seperti gambar di atas.
4.
acces list untuk mengetahui  siapa saja yang masuk ke wifi AP yang di daftarkan mac address/yang terbolehi pada mac address pada AP, seperti gamabr di atas hanya bisa 2 komputer saja yang bisa conect , kalo komputer lain tidak bisa...
sekian..

Komentar