Block Situs Dengan Layer 7 Protocol


kali ini akan memblokir suatu situs, misalnya facebook dengan menggunakan Mikrotik Layer 7 Protokol (L7). Protokol Layer7 adalah metode untuk mencari pola dalam ICMP/TCP/UDP stream, atau istilah lainnya regexppattern . Cara kerja L7 adalah mencocokkan ( mathcer) 10 paket koneksi pertama atau 2KB koneksi pertama dan mencari pola/pattern data yang sesuai dengan yang tersedia. Jika pola ini tidak ditemukan dalam data yang tersedia, matcher tidak memeriksa lebih lanjut. Dan akan dianggap unknown connectons. Anda harus mempertimbangkan bahwa banyak koneksi secara signifikan akan meningkatkan penggunaan memori pada RB maupun PC Router anda.
1. masuk pada menu ip>firewal>layer7 protocol>(+)


2. kali ini mencoba untuk memblokir situs www.youtube.com, Selanjutnya masukan name=youtube.com, Ragexp: ^.+(youtube.com).* (ingat penulisan tandanya harus sama persis) apply, OK. Jika perintah tersebut masih gagal/ tidak berhasil masukan perintah Ragexp:^.+(youtube.com).*$


3. lalu ke firter rule>(+)> lalu memakai IP pc yaitu misal ip pc saya = 192.168.10.2 , IP dari Src.Address tersebut adalah IP PC yang tidak diperbolehkan untuk mengakses situs yang telah di blokir tadi, untuk percobaan gunakan saja IP PC anda agar anda sendiri dapat membuktikan nanti apakah konfigurasinya berhasil atau gagal.

4. lalu di advance > layer 7 protocol> memakai yang telah di buat tadi (youtube.com)

5. lalu actionnya > drop>apply dan OK

6. test masuk youtube.com berhasil atau tidak , ketika seperti gambar di atas tidak berhasi masuk ke youtube itu tandanya berarti berhasil memblock youtube.

sekian...

Komentar